7 Pekerjaan Menjanjikan di Era Digital untuk Para Hobi Menulis

Di era yang semakin digital, menulis sudah menjadi lebih dari sekedar hobi. Hal ini bisa dijadikan peluang kerja yang menjanjikan. Internet dan teknologi telah membuka pintu lebar-lebar bagi para penulis untuk mengembangkan kreativitasnya.

7 Pekerjaan Menjanjikan di Era Digital untuk Para Hobi Menulis
7 Pekerjaan Menjanjikan di Era Digital untuk Para Hobi Menulis

Selain meningkatkan kreativitas Anda, tentunya keuntungan Anda juga akan meningkat! Biar keseruannya tak berhenti, berikut tujuh pekerjaan menarik yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang berbakat di dunia tulis menulis.

1. Penulis konten

Pekerjaan pertama yang bisa Anda coba sebagai hobi menulis adalah content writer. Tahukah Anda bahwa ada banyak pekerjaan produser konten dalam beberapa tahun terakhir? Pada dasarnya Anda sedang mengerjakan sebuah tulisan yang nantinya akan diunggah ke blog, website atau media sosial.

Tujuannya adalah untuk memberikan informasi atau pelatihan. Pekerjaan ini tidak hanya terbatas pada lingkungan korporat saja, namun Anda juga berkesempatan menjalankan bisnis sebagai content writer freelance. Menarik, ya?

2. Penulis SEO

Di era digital, optimasi mesin pencari (SEO) sudah pasti dibutuhkan. Selain itu, teknologi sudah maju sehingga banyak orang sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang cara melakukan pencarian. Jadi SEO Writer biasanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan SEO, biasanya untuk artikel. Bedanya dengan penulis konten adalah Anda harus mengikuti beberapa teknik penulisan yang SEO Friendly seperti kata kunci yang digunakan, deskripsi meta, dan kata kunci semantik.

3. Copywriter

Tak jauh berbeda dengan content writer, copywriter juga bertugas menulis untuk blog, website, atau media sosial. Namun copywriter memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan bisnis, keterlibatan, dan komunikasi. Jadi, tidak hanya perlu menyebarkan berita, tetapi juga menulis sesuatu yang menarik untuk menarik perhatian pembaca.

4. Penulis UX

Berkembangnya perusahaan-perusahaan start-up di Indonesia juga membawa peluang kerja yang belum pernah ada sebelumnya. Penulis pengalaman pengguna (UX) adalah salah satunya. Seperti yang Anda ketahui, saat ini banyak sekali perusahaan berbasis aplikasi.

Jadi di sini Anda dapat berkontribusi dalam pembuatan artikel untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini biasanya dilakukan pada produk digital seperti aplikasi atau website. Pekerjaan ini memerlukan beberapa perencanaan selain penulisan, yang juga meningkatkan pengalaman pengguna.

5. Naskah

Selain itu, Anda biasanya memerlukan layanan yang disebut scripter untuk menampilkannya sebagai video. Tentu saja hal ini juga membutuhkan keahlian sastra. Penulis skenario harus memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam produksi telah meninjau dan menyetujui naskah mereka sebelum memulai produksi.

Apalagi dalam video promosi, biasanya Anda harus menciptakan kata-kata yang menarik perhatian penonton, yang juga membutuhkan kemampuan menulis teks. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tugas-tugas menulis sebagian besar masih berkaitan satu sama lain.

6. Pakar media sosial

Di era digital ini, media sosial rasanya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Jika Anda bertanya siapa yang tidak memilikinya? Kebanyakan dari mereka tampaknya memiliki media sosial. Jadi ketika Anda menjadi ahli media sosial, biasanya Anda mengerjakan konten berupa tulisan yang diunggah ke media sosial. Namun secara umum konten media sosial tidak memerlukan tulisan yang terlalu banyak sehingga singkat, padat, jelas, dan pastinya menarik.

7. Seorang penulis hantu (tersembunyi)

Jangan biarkan kata "hantu" membuatmu takut dalam pekerjaan ini, oke? Mengapa mereka disebut pengarang untuk orang lain? Hal ini dikarenakan ghostwriter menyelesaikan proyek yang diberikan klien tanpa menyebutkan nama penulis aslinya. Namun, ketika artikel tersebut diterbitkan, nama penulisnya adalah kliennya, bukan penulis hantunya.

Di dunia yang semakin kompleks ini, hobi menulis bisa menjadi pintu gerbang menuju karir cemerlang. Melihat beberapa karya di atas pasti membuat Anda sadar akan banyaknya kemungkinan dalam menulis. Dari penulis konten hingga penulis untuk orang lain, semua orang dapat membantu mewujudkan visi perusahaan atau bisnis. Jadi, jenis tulisan apa yang paling Anda minati?


UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS UNHAS